Rabu, 18 November 2020

SEJARAH DESA WRINGINAGUNG

 

NAMA    :  SOFI LAILATUL ZAHRO

NIM        :  180110301029

Sejarah Desa Wringinagung

Mengulik sejarah desa merupakan hal yang menarik karena tak jarang dari setiap warga desa yang kurang paham  mengenai sejarah desanya. Maka dari itu,  sebagai warga Desa Wringinagung, saya menulis mengenai sejarah Desa Wringinagung. Desa Wringinagung adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi. Sebelum menjadi desa yang berdiri sendiri, Desa Wringinagung ini merupakan bagian dari Desa Jajag. Pada tahun 1992 Desa Jajag, memiliki banyak penduduk sekitar 17.000 orang yang tersebar di dalam 8 dusun antara lain:

1.      Dusun Krajan

2.      Dusun Petahunan

3.      Dusun Yosowinangun

4.      Dusun Bulusari

5.      Dusun Jatisari

6.      Dusun Glowong

7.      Dusun Sumberjo

8.      Dusun Sumberjaya

Pada tahun 1990 ada acara Temu Desa yang diadakan  tingkat Nasional yang dihadiri oleh LKMD, LMD se Jawa Timur di Desa Jajag. Di dalam acara tersebut dari perangkat  Desa Jajag memiliki satu ide gagasan untuk melakukan pemecahan desa dengan alasan wilayah yang luas dan penduduk yang banyak. Di dalam pemecahan desa terdapat  perangkat desa yang bergabung di dalam tim yang  yang dinamakan dengan Tim Tujuh karena terdiri dari tujuh orang, Tim Tujuh  itu diketuai oleh H. Abdurrahman Yusuf, Sekertaris  Sunaryanto, Hadi Wijoyo, Kirman, Abdul Latif Hariyanto,   Santoso dan  Bambang Sugianto.

 Selain  diadakan  kegiatan Temu Desa, ada juga kegiatan Kriya Karsa LKMD yang dilaksanakan di tingkat provinsi, lalu gagasan yang dimiliki oleh  Desa Jajag kembali dimunculkan dalam forum tersebut yang pada akhirnya oleh Gubernur dan Bupati mengizinkan untuk  pemecahan desa dengan berbagai persyaratan mulai dari faktor demografi, wilayah, mata pencaharian dan lainnya.

Pada tanggal 25 April 1992  Desa Jajag  dipecah menjadi Desa Jajag dengan Desa Persiapan Wringinagung, Desa Wringinagung  menjadi desa persiapan selama kurang lebih 3 tahun. Selama menjadi desa persiapan yang mana wilayah desa sudah ada,  akan tetapi secara administrasi desa masih ikut kepada desa induknya. Lalu pada tahun 1995,   usulan Desa Persiapan di terima menjadi Desa Definitif  pada tanggal 21 April 1995.

Masyarakat yang menjadi penduduk desa pecahan mayoritas adalah petani dan wilayahnya sebagian besar adalah lahan pertanian maka dinamakan ‘Wringinagung’ yang berasal dari kata ‘Wringin’ dan ‘agung’.Pemberian nama Wringinagung memiliki sejarah tersendiri, kata  Wringinagung  terdiri dari dua suku kata yaitu “ Wringin”  berarti pohon  beringin  dan “ Agung”  yang berarti besar.   Pada waktu itu diperbatasan Desa Yosomulyo dengan Desa Jajag terdapat pohon ringin yang besar yang akan tetapi di tengah pohon tersebut growong (bolong dalam Bahasa Jawa). Di tempat tersebut, sering menjadi tempat transaksi jual beli oleh  pedagang China, akan tetapi orang China tersebut kesulitan mengucapkan “ r ” pada kata “ growong ” lalu  mengatakan glowong, sehingga sampai saat ini disebut dengan Dusun Glowong. Jadi,  di Dusun Glowong menjadi bagian dusun yang dipecah  sehingga desa pacahan  Jajag tersebut diberi nama Wringinagung yang berarti makmur sesuai dengan harapan seluruh masyarakat yang ada di desa ini.

Selain Desa Wringinagung yang diresmikan pada waktu itu ada juga lainnya seperti  Desa Ringinputih pecahan dengan Desa Sumberberas dan salah satu Desa di Rogojampi. Desa Wringinagung terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Sumberjo,  Dusun Jatisari, Dusun Gembolo Templek (Sumberjaya sekarang) dan Dusun Glowong sedangkan Desa Jajag menjadi 5 dusun juga yaitu Dusun Kampung Baru, Dusun Krajan, Dusun Petahunan, Dusun Yosowinangun dan Dusun Bulusari.

Secara demografi, penduduk  di Desa Wringinagung yang tercatat pada tahun 2020 adalah 7.689 jiwa yang terdiri dari 3.502 penduduk laki – laki dan 4.187 penduduk perempuan.  Dengan luas wilayah 619, 9 ha yang terdiri dari 79,65 persen yang terbagi atas tanah pertanian dan tegalan sedangkan 18,37 persen berupa wilayah permukiman dan bangunan lain seperti sekolah, tempat ibadah, jalan dan tanah yang tidak produktif.

Secara topografi Desa Wringinagung ini berupa dataran tinggi, dengan suhu udara rata – rata berkisar 33 ℃ , dengan ketinggian rata -  rata dari permukaan laut ± 50m dpl, sedangkan cura hujan rata rata tiap tahun berkisar 1000 – 2000 mm, dengan demikian kondisi alam Desa Wringinagung cukup sejuk dengan banyak hembusan air. Dengan keadaan topografi yang sedemikian rupa perekonomian warga Desa Wringinagung bertumpu pada sector pertanian dengan mata pencaharian mayoritas sebagai petani, petani yang memiliki lahan atau sebagai buruh tani. Mayoritas penduduk di Desa Wringinagung ini beragama islam. Batas desanya tidak berdasarkan dengan batas alam akan tetapi dengan batas  dusun  sehingga tidak jelas batasnya. Batas Desa Wringinagung sebagai berikut :

·         Utara     : Desa Yosomulyo

·         Barat     : Desa Tegalsari

·         Selatan  : Desa Purwodadi

·         Timur   : Desa Jajag

Pada awal berdirinya Desa Wringinagung, pada tahun 1992 – 1997  belum mengadakan pemilihan Kepala Desa sehingga pada saat itu ditunjuk langsung  oleh warga desa Kepala Desa Wringinagung adalah P. Santoso, yang dulu menjadi sekdes Desa Jajag. Kemudian pada tahun 1997 untuk pertama kalinya dilaksanakan pemilihan Kepala Desa dan sebagai calon yang terpilih adalah MS. Hadi Sastro  yang kemudian dilantik sebagai Kepala Desa Wringinagung yang pertama. Kemudian dipertengahan masa dinas tahun 2002 beliau  sakit stroke sehingga mengangkat Pj Kades  tahun 2003 – 2006 yaitu P. Sujito, S. Pd yang sebelumnya  menjadi  sekdes Wringinagung. Pada tahun 2007 dijabat oleh Staf Kecamatan Gambiran  selaku Pj. Kades Wringinagung yaitu P. Sukatno sampai pelaksanaan Pilkades  2007 karena P. Sujito diangkat menjadi PNS sebagai guru. Pada tahun 2007 pelaksanaan Pilkades  sebagai calon terpilih adalah Moh. Samsul Hidayat, SP yang menjabat pada tahun 2007 – 2013. Pada tahun 2014– 2019 dijabat oleh P. Sunaryanto dan pada  saat ini kepala Desa Wringinagung  yaitu P. Kondang Suryaningrat, S. Hut.

No

Periode

Nama Kepala Desa

Keterangan

1

1994 – 1998

SANTOSO

 Pjs.Kades

2

1998 – 2003

MS.HADI SASTRO.S

 Kades Devinitif

3

2003 – 2006

 

 

SUJITO,SPd

 Pj.Kades

4

2006 – 2007

SUKATNO

 Pj.Kades

5

2007 – 2013

MOH.S.HIDAYAT,SP

Kades Terpilih

6

2013 s/d 2019

SUNARYANTO

Kades Terpilih

7

2020 s/d 2025

Kondang Suryaningrat, S. Hut.

Kades Terpilih

 

 

Narasumber :

Sunaryanto, mantan sekdes pada awal berdirinya Desa Wringinagung dan mantan kepala Desa Wringinagung pada tahun 2014 – 2019.

Website Desa Wringinagung http://wringinagung.desa.id/web/detailnews/sejarah-desa

Nomer kades 081336644343

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar