Kamis, 01 Oktober 2020

REVIEW SEJARAH PEDESAAN

NAMA : SOFI LAILATUL ZAHRO

NIM     : 180110301029

REVIEW SEJARAH PEDESAAN

Desa merupakan unit terkecil dalam pemerintah yang menjadi bagian  penting dalam pemerintah. Sejarah Pedesaan memiliki arti yang sangat luas, mulai dari Sejarah yang berasal dari bahasa Arab yaitu syajarotun yang berarti pohon, sejarah yang diibaratkan dengan pohon, pohon yang mengalami perubahan  dengan berdasarkan waktu sama halnya Sejarah yang berbicara mengenai perubahan (change ), waktu dan kejadian kejadian yang benar – benar  terjadi di masa lalu. Selain itu dalam mengungkap atau menyelidiki kejadian yang terjadi di masa lalu membutuhkan metode sejarah dengan rumus 5W+ 1 H sehingga dapat merekontruksi kejadian yang telah terjadi.

Selanjutnya mengenai definisi pedesaan dari para ahli :

Menurut Bintarto pengertian desa merupakan  perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik dan kultural yang terdapat di dalam suatu daerah dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain, seperti karena adanya Desa X karena adanya timbal balik dari Desa Y.

Menurut C.S Kansil pengertian desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintah terendah langsung dibawah kecamatan dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan NKRI.

Selain itu pengertian desa menurut Paul H Landis yaitu dengan ciri banyaknya penduduk kurang dari 2.500 jiwa, selain itu mempunyai pergaulan hidup dengan saling mengenal dengan ribuan jiwa dan ada pertalian rasa yang sama tentang kesukaan terhadap kebiasaan.

Dengan membandingkan pernyataan C.S. Kansil dengan masa sekarang, Desa bias berdiri sendiri, menurut saya memang benar karena desa di Indonesia pada masa sekarang sudah mengalami perbaikan dan adanya dana desa yang sudah mengalir langsung di kas desa. Hal tersebut membuktikan bahwa Desa secara administratif memang berada di bawa koridor Kecamatan tetapi bukan dalam hal rumah tangganya cuma dalam hal tingkatan.

Mengenai sejarah Desa di Indonesia, desa lebih dulu ada dibandingkan dengan kerajaan Hindu – Budha yang ada di Indonesia. Semula orang – orang hidup nomaden dan pada akhirnya memutuskan untuk hidup menetap dan membentuk desa yang mana mereka sadar juga karena ada kesamaan budaya, wilayah, keturunan, dan sosial. Pembentukan desa yang ada di Indonesia ini ada yang mengatakan terbentuk sendiri ya dengan adanya nomaden hingga menetap tadi dan ada juga yang mengeklaim bahwa desa buatan kolonial.

Sehingga Sejarah Pedesaan yaitu sejarah yang tidak hanya mengenai desa atau atau latar belakang berdirinya desa tersebut,  akan tetapi juga mengenai perubahan – perubahan yang ada di desa mulai dari system sosial, ekonomi, budaya dan laiinya karena setiap desa memiliki keunikan masing – masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar